ads

15/09/2020

Mudahnya Pelaksanaan Kegiatan Ujian Menggunakan Website dan Google Form

Mudahnya Pelaksanaan Kegiatan Ujian Menggunakan Website dan Google Form Sistem Informasi Penilaian SMP Negeri 33 Kota Bekasi Dalam tulisan i... thumbnail 1 summary

Mudahnya Pelaksanaan Kegiatan Ujian Menggunakan Website dan Google Form

Sistem Informasi Penilaian SMP Negeri 33 Kota Bekasi

Dalam tulisan ini saya ingin berbagi bagaimana cara melaksanakan Ujian Tengah Semester atau Penilaian Tengan Semester tanpa menggunakan Aplikasi CBT, tetapi saya akan coba menggunakan Halaman Web sebagai MockUp dan aplikasi tambahan dari Google Form.

Yang pertama

Menyiapkan Halaman Web sebagai MockUp yang akan di akses oleh seluruh Peserta PTS

seperti ini : https://penilaian.smpn33kotabekasi.sch.id/

Yang kedua

Kita menyiapkan soal dalam google form yang dibuat oleh masing-masing guru pengampu mata pelajaran, yang sebelumnya sudah dibuatkan format google form yang di share ke masing-masing email pengampu, sehingga guru pengampu mata pelajaran dapat mengedit sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing.

setelah semua link google form terbentuk kita kumpulkan kedalam sebuah tabel sesuai tingkat pendidikan, misalnya kelas VII kumpulan link seperti ini : https://penilaian.smpn33kotabekasi.sch.id/p/kelas-vii.html

didalam halaman kelas 7 tersebut kita harus bisa bagaimana caranya menggunakan bahasa penyampaian yang mudah di mengerti oleh peserta PTS, agar siswa mudah menggunakan dan juga mudah meng akses kumpulan link yang sudah disediakan.

Dalam tabel tersebut berisi Nomor, Mata Pelajaran, Hari dan Tanggal mapel akan diujikan, Token dan Link Google Form.

Teknis Pelaksanaannya seperti ini :

15 menit sebelum di ujikan link sudah aktif dan token sudah di tampilkan sehingga siswa mudah menyalin token dan meng-klik link aktif mapel.

Kita juga bisa menggunakan addon limiter dalam Google Drive sebagai pembatas waktu ujian sehingga apabila soal sudah habis masa waktu mengerjakan otomatis link sudah tidak aktif lagi.

Untuk informasi pelaksanaan ujian PTS saya sarankan juga membuat halaman informasi seperti ini :  https://penilaian.smpn33kotabekasi.sch.id/p/informasi.html

Jika kamu berkeinginan supaya lebih mudah di akses oleh peserta ujian bisa juga dibuatkan aplikasi android web nya seperti ini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.penilaian

Demikian cara menyiasati bagaimana dengan mudahnya membuat pelaksanaan ujian baik PTS maupun PAS tanpa mengurangi isi materi dari pada pembelajaran peserta.

semoga bermanfaat sebagai bahan pembelajaran kita. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terimakasih anda sudah berkomentar..

ads