ads

19/09/2020

Mudah dan Gampang Aplikasi Manajemen Keuangan Sekolah

Mudah dan Gampang Aplikasi Manajemen Keuangan Sekolah Setiap instansi, organisasi apapun itu bentuknya, pasti mementingkan atau mengutamakan... thumbnail 1 summary

Mudah dan Gampang Aplikasi Manajemen Keuangan Sekolah

Setiap instansi, organisasi apapun itu bentuknya, pasti mementingkan atau mengutamakan profit, meskipun pada kenyataannya dihadapi dengan dua pilihan yaitu untung atau rugi.

Pada awal ingin membangun instansi contohnya sekolah swasta misalnya.. banyak sekali yang harus diperhitungkan baik itu lokasi strategis, amdal lingkungan, layout sekolah, material, SDM, program jurusan, bentuk promosi, ini semua membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit.

Bagi pemilik sebutlah owner, ini akan menjadi beban yang amat di perhatikan.. kalau sudah ada niat membuat bukan berarti tidak ada finansialnya.. tapi yang harus dipikirkan yaitu bagaimana mengelola semuanya itu dalam bentuk laporan atau catatan yang dapat di pertanggungjawabkan, minimal semua kegiatan tersebut ada catatan yang akurat dan dapat dijadikan pertimbangan untuk terus menyelenggarakan kegiatan atau tidak !

Dengan pertimbangan itu penulis sedikit ingin membagikan sebuah solusi yang mungkin akan menjadi solusi bagi penyelenggara ataupun owner. 

Untuk mencatat laporan tersebut bisa menggunakan Aplikasi berbasis web dimana dapat di akses kapan saja dimana saja bisa digunakan. aplikasi ini sebutlah aplikasi pencatatan keuangan khusus untuk kegiatan sekolah, sangat cocok bagi yang ingin mempunyai laporan yang terorganisir dan baik.

Berikut tampilan awal dari aplikasi tersebut : 👇


Selamat datang di Sekolah..🙏 greeting bagi pengguna aplikasi, ada tiga akses login untuk pengguna :

Pertama akses untuk Admin atau staff kepala bagian keuangan
didalamnya terdapat beberapa menu yang menunjuang aktifitas pencatatan.


a. Profile pengguna, dapat mengedit Nama, Email, Catatan, Photo dan status pengguna.

b. Dasboard, seperti terlihat di gambar, ada penerimaan hari ini, pengeluaran hari ini, total penerimaan dan siswa aktif. serta kalendar sebagai pengingat waktu.

c. Menu pembayaran siswa, di dalam menu tersebut ada tahun ajaran dan melihat data laporan siswa, owner atau staff keuangan dapat melihat siapa saja peserta didik yang belum atau sudah melakukan pembayaran SPP atau pembayaran lainnya.

d. Keuangan, dalam menu keuangan terdapat sub menu Pos Keuangan dan Jenis Pembayaran, pos keuangan ini sama dengan jenis akun misal SPP, seragam sekolah, sumbangan gedung, pembelian atribur dan lainnya, didalam Jenis Pembayaran sama dengan Pos Keuangan.

e. Menu Jurnal Umum, di dalam menu jurnal umum ada dua sub menu juga, yaitu menu pengeluaran dan penerimaan, dimana menu tersebut mempunya fungsi sebagai pencatat kegiatan seperti pengeluaran pembayaran listrik bulanan, pembelian ATK, gaji karyawan atau guru dan lain-lain, untuk penerimaan seperti hasil penjualan diluar kegiaran sekolah.

f. Manajemen data, dalam manajemen data terdapat 5 (lima) sub menu yaitu, Tahun Ajaran, Kelas, Siswa, Kelulusan, Kenaikan kelas, menu tersebut mempunyai fungsi masing-masing seperti contohnya tahun ajaran yaitu menyeting tahun ajaran berjalan dalam sekolah tersebut, kelas untuk menyeting jumlah kelas didalam sekolah, siswa yaitu pencatatan data peserta didik menu dapat dilihat pada gambar berikut : 


Sangat lengkat didalamnya menyertai photo peserta didik, dan data data pendukung yang diperlukan oleh penyelenggara pendidikan.

g. Laporan, dalam menu laporan terdapat dua sub menu yaitu, laporan keuangan dan rekapitulasi, laporan keuangan menyertai laporan keseluruhan berdasar tahun dan tanggal, sedangkan laporan rekapitulasi adalah laporan jumlah nominal peserta didik didalam kelas tertentu.

h. Informasi, sekolah atau staff keuangan dapat menginformasikan atau mengingatkan kepada seluruh peserta didik bahkan orang tua peserta didik untuk melaksanakan kegiatan tertentu, misal : pembayaran yang belum dilunasi, informasi kegiatan sekolah.. dan lain-lainnya.

i. Pengaturan, ada 2 sub menu yaitu sekolah dan bulan, dalam menu pengaturan sekolah atau penyelenggara dapat meng edit data sekolah lihat gambar :


lengkap beserta logo sekolah. dalam menu bulan yaitu bulan berjalan dalam satuan pendidikan.

j. Manajemen Pengguna, yaitu siapa saja yang dapat menggunakan aplikasi, misal owner, kepala tata usaha, staff tata usaha dan lainnya, tentunya mempunyai akses yang berbeda-beda.

k. Pemeliharaan yaitu backup data.

Demikian keseluruhan menu dan fungsi dari aplikasi pengelolaan keuangan sekolah yang dapat saya share, sebagai bahan pertimbangan dari aplikasi-aplikasi lainnya. 
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi ini bisa komen atau menghubungi penulis, terimakasih.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Terimakasih anda sudah berkomentar..

ads